Blogroll

Pages

Monday, February 16, 2015

MAJAPAHIT

majapahit


majapahit adalah kerajaan favorit saya dikarenakan antaralain kerajaan ini adalah yang pernah menyatukan dan merebut wilayang terluas di indonesia dan kemudian kerajaan ini pula yang telah menyerang kerajaan lain dan memaksanya tunduk kepada majapahit.

Daerah kekuasaan saat itu meliputi Sumatra, semenanjung Malaya,Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filipina.

Kerajaan Majapahit berdiri pada 15 bulan Kartika tahun1215 Saka atau 10 November 1293.
Kerajaan ini sangat termasyur dan memiliki zaman keemasan pada masa raja hayam wuru yang berduet-maut dengan mahapatih gadjahmada yang merupakan panglima tangguh.
Hayam wuruk mempunyai janji yang memotivasi bangsa ini supaya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi yaitu tidak akan merasakan palapa.
Sumpah Palapa merupakan suatu sumpah yang dikatakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya jadi Patih Amangkubhumi Majapahit pada tahun tahun 1258Saka (1336 M).
Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan yaitu Pararaton, yang berbunyinya,
Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, TaƱjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".
Terjemahannya,
Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun (pulau goron), Seram, Tanjung Pura (kerajaan tanjung pura, Haru (kerajaan karo), Pahang (malaysia), Dompo (sumbawa), Bali, Sunda, Palembang, Tumasik (singapura), demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Dari isinya saja sudah ketahuan nih, bahwa pada saat diangkatnya si gadjah mada ini nusantara belum dikuasa majapahit.
Sumpah datas merupakan bukti bahwa gadjahmada mempunyai tekat yang kuat dan mempunyai keinginan untuk menyatukan seluruh daerah nusantara.
Setelah itu ada kejadian yang merupakan cikalbakal kehancuran kerajaan majapahit yaitu perang bubat dengan kerajaan padjajaran.
Indonesia sudah ditaklukan keseluruhannya akan tetapi daerah yang dekat namun belum ditaklukan yaitu adalah daerah kerajaan sunda atau padjajaran yang enggan atau bergabung.
Maka kebijakan yang bisa diambil sang raja hayam wuruk maupun sang mahapatih gadjah mada adalah menghancurkannya. Namun hayamwuruk terlanjur terjatuh cinta dengan diah pitaloka dan berencana untuk melamarnya, namun pada saat menegadakan perjalanan dan ingin bertemu di daerah bernama bubat, namun tekad gadjah mada masih menghantui dirinya dan gadjahmada akhirnya membunuh rombongan pelamar itu, dan diah pitalokapun bunuh diri dan hayam wuruk pun akhirnya mengasingkan diri di hutan dan akhirnya menghilang.
Majapahit juga merupakan negara agraris yang juag mempunyai pelabuhan-pelabuhan penting yang dapat menyokong perdagangan, dari sisi itu dapat dilihat bahwa kehidup

0 comments:

Post a Comment