Blogroll

Pages

Saturday, August 8, 2015

ASAL MULA DAN SEJARAH BENDERA MERAH-PUTIH INDONESIA


Kita mungkin pernah ditanya atau pun bertanya-tanya, kenapa warna bendera kita adalah merah putih, kenapa tidak putih saja, atau merah saya? Kenapa tidak ada symbol bulan atau bintang?, dan jikalau ada yang bertanya kenapa warna bendera kita adalah merah dan putih, kebannyakan dari kita (yg saya alami) adalah pasti seperti ini : merah itu berani dan putih berarti suci, KURANG TEPAT!!, itulah yang teman-teman saya katakana saat guru sejarah bpk Erwin, menanyakan hal itu, penasaran bukan kepalang bukan, tanpa terhubung dengan internet saat itu, kita seperti anak burung yang belum bisa terbang, hanya menunggu sang guru menjelaskan apa alasan bendera negara kita berwarna merah-putih, namun sayang, pertannyaan itu ia simpan dan dijadikan tugas,,
Pasti bagi anda yg belum tahu apa dan kenapa alasan bendera kita berwarna demikian? Check it out.
Warna merah-putih bendera negara kita, sebenarnya diambil dari warna panji atau pataka Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur.  tapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa pemuliaan terhadap warna merah dan putih dapat ditelusuri asal-mulanya dari mitologi atau kepercayaan bangsa Austronesia mengenai Bunda Bumi dan Bapak Langit; keduanya dilambangkan dengan warna merah (tanah) dan putih (langit). Pembuatan panji merah putih pun sudah dimungkinkan dalam teknik pewarnaan tekstil di Indonesia purba. Warna putih adalah warna alami kapuk atau kapas katun yang ditenun menjadi selembar kain, sementara zat pewarna merah alami diperoleh dari daun pohon jati, bunga belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), atau dari kulit buah manggis.
Maka warna merah dan putih suka ada dalam lambang-lambang Austronesia dari Tahiti, Indonesia, sampai Madagaskar. Merah dan putih kemudian digunakan untuk melambangkan dualisme alam yang saling berpasangan. Catatan paling awal yang menyebut penggunaan bendera merah putih dapat ditemukan dalam pararaton menurut.sumber ini disebutkan balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang mengibarkan panji berwarna merah dan putih saat menyerang Kerajaan Singasari. Hal ini berarti sebelum masa Majapahit pun warna merah dan putih telah digunakan sebagai panji kerajaan.

Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya.
 Juga ketika terjadi perang di daerah Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang ada gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran
Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda. Kemudian, warna-warna yang dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan kemudian nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme terhadap Belanda. Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan kolonialisme, bendera itu dilarang digunakan. Bendera ini resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan resmi digunakan sejak saat itu pula.




0 comments:

Post a Comment