Blogroll

Pages

Sunday, August 9, 2015

MERDEKA, HASIL KITA!!


           Menurut saya, Indonesia mendapatkan kemerdekaannya berdasarkan perjuangannya sendiri dan bukan Karena jepang, karena pertama, anda harus tau apa ideology jepang saat itu, di kelas, pa Erwin, guru sejarah saya, memberitahu dan menjelaskan bahwa negara poros saat perang dunia ke 2 sedang dalam kondisi/ber-ideologi fasis/fasisme, maka jika ditinjau dari tujuannya, tidak mungkin sebuah negara fasis memberikan sebuah kemerdekaan kepada negara dudukannya, sebab dalam kamus fasisme tidak dapat ditemukan cita-cita menentukan nasib negara sendiri (maksudnya Indonesia menentukan nasib bangsanya sendiri), maka apakah alasan waktu itu kenapa hatta,soekarno dan para petinggi negara kita tercinta ini bisa-bisanya bersikap kooperatif dengan negara jepang, padahal mereka sebelumnya bersikap antipasti dan non-kooperarif saat sedang diduduki oleh belanda, membingungkan? Penasaran? Baca terus ya!

    
         jawabannya menurut saya adalah, karena mereka, para petinggi negara kita berjiwa visioner, ia menyebutkan antara lain bahwa Jepang sedang dalam keadaan kuat, sedangkan Indonesia dalam posisi yang lemah. Oleh karena itu bantuan Jepang diperlukan oleh rakyat Indonesia untuk mencapai cita-citanya. Oleh karena itu rakyat Indonesia harus melampaui batas penderitaan.


          Hatta juga yakin bahwa Jepang akan kalah, dan karena itu kesempatan bekerja sama perlu dipergunakan untuk menyusun kekuatan rakyat.   

           Lebih lanjut juga disebutkan bahwa dengan bekerja sama, Hatta dan para pemimpin nasionalis, berusaha meringankan beban penderitaan rakyat . Para pemimpin juga memperkirakan bahwa perang Asia Timur Raya tidak akan sampai ke Jawa. Dalam arti bahwa tentara Sekutu tidak perlu berperang di Jawa untuk menundukkan Jepang.  Perang akan lebih cepat berakhir apabila Sekutu langsung menyerang Jepang, dan langsung menyerang Jepang,  otomatis  daerah pendudukannya pun akan terlepas dari Jepang.

      anggapan bahwa kemerdekaan didapat karena jepang sekali lagi adalah salah, karena soekarno dan hatta yang waktu itu diculik (lebih  tepatnya diamankan) oleh golongan muda untuk dapat menyadakan kemerdekaan keesokan harinya.

jadi intinya mereka tidak meminta kemerdakaan dari jepang, tapi memanfaatkan keadaan jepang yang mana kalah dari perang pasifik raya saat itu.

0 comments:

Post a Comment