Blogroll

Pages

Wednesday, August 26, 2015

NAMA PAHLAWAN YANG DIJADIKAN NAMA JALAN DI LUAR NEGERI

               Banyak nama jalan yang menggunakan nama-nama pahlawan khususnya di Indonesia, dengan begitu akan mudah mengingat dan mencantumkan alamat jalan tersebut, karena nama jalan juga merupakan suatu unsur yang penting dari alamat atas identitas seseorang.


              Namun, apakah Anda mengetahui bahwa ada beberapa negara yang menggunakan nama-nama pahlawan Indonesia untuk nama jalan di negaranya?

              Nama pahlawan yang digunakan sebagai nama jalan di negara-negara tersebut tentunya memiliki sejarah tertentu yang berkaitan dengan negara tersebut sehingga mereka menggunakannya sebagai nama jalan sebagai rasa penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan tersebut.

              Penasaran bukan? kenapa mereka menjadi nama jalan di luar negeri?

  1.            MAROKO
 kenapa pimpinan Maroko memberikan penghormatan kepada proklamator RI(baca: Soekarno) dengan mengabadikan menjadi nama jalan di kotanya?

Rupanya, dukungan Indonesia atas kemerdekaan bangsa-bangsa jajahan dalam Konferensi Asia Afrika (KSS) pada 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, sangat berkesan di hati para pemimpin Afrika.

Terbukti, setahun setelah KAA, 2 Maret 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Hari itu juga Kantor Kedutaan Besar RI di Rabat, ibukota Maroko.

Pada 2 Mei 1960 Soekarno berkunjung ke Maroko, sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Maroko dari jajahan Perancis. kehadirannya Presiden pertama RI itu mendapat sambutan yang luar biasa dari Raja Mohammed V dan rakyat Maroko.

Presiden Soekarno dianggap tokoh yang berperan dalam kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika, Indonesia merupakan Negara pertama yang mengakui kedaulatan Negara Maroko. Sebagai apresiasi dari raja Mohammad V, nama presiden Soekarno pun diabadikan sebagai nama jalan besar yang berada di jantung kota itu.

Raja Mohammad V tambah terkesan saat Soekarno menolak pemberian hadiah darinya. Soekarno hanya minta siapapun orang Indonesia bisa masuk ke negerinya seperti rumah sendiri. Raja pun menyanggupinya. Hingga sekarang, pemerintah Maroko memberikan On Arrival Visa kepada WNI yang datang ke sana.


Selain Rue Soekarno dapat kita jumpai pula Rue Bandung di jalanan sempit menuju pantai Oudaya, tidak jauh dari Rue Bandung ada Rue Indonesia dan Rue Jakarta. Nama-Nama kota besar di Indonesia dijadikan sebagai nama jalan di Maroko.

Sebagai imbal balik, nama Casablanca,(yang terkenaldengan terowongan casablanca) kota terbesar kedua di Marokko dijadikan jalan yang membentang dari Tanahabang hingga Kampung Melayu. Itulah sebagai wujud saling menghormati diantara kedua negara.

di sumber lain mengatakan bahwa ini akibat Soekarno menjadikan kitab terbitan maroko dijadikan rujukan wajib bagi pesantren2 di seluruh Indonesia.

   2.        BELANDA

Jalan R. A. Kartini Di Belanda

R. A. Kartini adalah pahlawan yang memperjuangkan harkat dan martabat para perempuan dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang disusun oleh Menteri Kebudayaan Agama Dan Kerajinan Hindia Belanda saat itu.

Kemudian kerajaan Belanda memberikan penghargaan kepada Kartini dengan membuat nama jalan dengan R. A. Kartinistraat.

Tidak hanya 1 tapi 3 buah jalan di Belanda menggunakan nama Kartini.


Jalan Mohammad Hatta Di Belanda

Pahlawan lainnya yang diabadikan sebagai nama jalan di Belanda adalah mantan Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta atas peran pentingnya pada kemerdekaan Indonesia dengan nama jalan Mohammed Hattastraat.

Jalan Munir Di Belanda

Baru-baru ini di Belanda mengangkat seorang pejuang hak asasi manusia dari Indonesia dan mengabadikannya sebagai nama jalan. Adalah Munir Said Thalib seorang pejuan hak-hak asasi manusia Indonesia yang meninggal dalam perjalanya menuju Amsterdam Belanda karena keracunan makanan.

Nama Munir dijadikan nama sebuah jalan dengan nama Munirstraat.

0 comments:

Post a Comment